Langsung ke konten utama

Sejarah singkat jaringan komputer didunia


Sejarah jaringan komputer

Sebelum adanya  jaringan  komputer yang memungkinkan  komunikasi langsung antar  komputer, komunikasi dan  perhitungan yang  melibatkan komputer zaman dahulu biasanya  dilakukan secara  manual dengan manusia sebagai media komunikasinya. Manusia membawa instruksi - intruksi antar komputer.


Pada tahun 1940-an  di Amerika pada sebuah proyekpengembangan  komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group  riset Harvard University. Proyek ini dipimpin  oleh  profesor   H. Aiken.  Pada mulanya  proyek  ini hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus digunakan bersama.

Metode menghubungkan  output sebuah sistem (seperti teletype) ke komputer merupakan  sebuah  objek yang sangat  diminati di ARPA (Advanced Research Project Agency). Proyek ARPA sendiri  merupakan  proyek milik departemen pertahanan Amerika Serikat yang ingin  mengembangkan sebuah projek Intergalatic Network yang tujuan akhirnya adalah menjadikan Amerika Serikat sebagai penguasa teknologi tertinggi di dunia.

Pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer. Saat itu dikenalkan sebuah  konsep  untuk  menghubungkan komputer yang saling tersebar. Konsep tersebut adalah konsep distribusi proses berdasarkan waktu  yang  dikenal dengan nama  Time Sharing System (TSS), maka  untuk  pertama kali bentuk  jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada  sistem  TSS beberapa  terminal  (komputer)   terhubung  secara   seri  ke sebuah   hostkomputer. Dalam proses TSS mulai nampak  perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
Image result for TSS komputer


Memasuki  tahun  1970-an, setelah   beban    pekerjaan    bertambah  banyak  dan harga perangkat komputer besar mulai terasa  sangat   mahal, maka  mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Seperti yang ada pada gambar , dalam proses ini beberapa host  komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk  melayani beberapa terminal yang terhubung di dalamnya


Image result for distributed processing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Affiliate Marketer Defined

According to The World’s Glossary of Internet Terms, “Affiliate Marketer is defined as: “A business relationship with a merchant or other service provider who allows you to link to that business. When a visitor clicks on the link at your site and subsequently makes a purchase from the merchant, you receive a commission based on the amount of the sale, a referral fee or a pay-for-click fee.” This is a simple, straight-forward agreement between a merchant and an affiliate. Budding affiliate marketers run into a problem when they try to reverse the success process. Instead of starting at the beginning, they try to start at the end. Making money is the end of the process. The beginning of the process is education and there are several steps in between. Too many people, who are just getting started in affiliate marketing, fail to take the steps necessary to get to the end of the process and actually make money. Step #1: Educate yourself. This is the key, opening the door of opportunity. It...

Setting Emulator PSP android (PPSSPP)

Tentu kamu udah gak asing lagi dengan emulator PSP di android yaitu PPSSPP namun banyak sekali pertanyaan mengenai settingan untuk setiap game agar Stabil dan lancar dalam memaikan game yang diinginkan. salah satu settingan terpenting adalah pada tab Mode disitu terdapat beberapa pilihan salah satunya Non-Buffered rendering dan Buffered rendering . dua opsi itulah yang sering saya ganti2 karena dua permainan yang berbeda. saya pake Buffered rendering  saat bermain game HARVEST MOON HERO of LEAF VALLEY dan menggunakan Non- Buffered rendering saat bermain game BLEACH HEAT THE SOUL 7 dan NARUTO SHIPUDEN ULTIMATE NINJA IMPACT. Dan hasilnya game yang dimainkan sangat memuaskan. opsi selanjutnya yang penting adalah FRAMESKIPPING disini saya pilih AUTO dan PREVENT FPS FROM EXCEEDING 60 saya centang, ALTERNATIVE SPEED saya pilih ULTIMATE. HARDWARE TRANSFROM,VERTEX CACHE, LOW QUALITY SPLINES AND BEZIER CURVES saya juga centang. pada opsi hack setting yang saya centang DISABLE...